Madu Lebah & Anak

Mengenal manfaat dan khasiat madu yang dihasilkan lebah untuk kesehatan anak

Cara Memilih Vitamin untuk Menambah Nafsu Makan Anak

Nafsu makan anak menjadi sebuah balada untuk sebagian besar ibu-ibu. Mungkin ada yang anaknya mudah sekali makan, dikasih segala menu makanan di lahap habis. Namun banyak juga ibu-ibu yang dibuat pusing oleh tingkah si anak yang susah sekali diberi makan, walaupun sudah mencoba berbagai macam menu makanan.

Namanya anak-anak mempunyai mood yang berbeda-beda ya bunda, apalagi soal makan. Kadang dia semangat sekali disuruh makan sering juga anak-anak susah kalau diberikan makanan. Nafsu makan pada anak mudah sekali menurun, lalu saat dalam kondisi demikian apa boleh diberikan vitamin-vitamin atau suplemen makanan untuk anak ?

Penting atau Tidaknya Vitamin Saat Nafsu Makan Buah Hati Turun

Ketahui Kondisi Anak

Nafsu makan pada anak turun itu merupakan hal yang biasa dan normal asalkan tidak terjadi dalam waktu yang lama. Anak yang tidak nafsu makan biasanya disebabkan oleh beberapa hal, bisa jadi kondisi fisiknya seperti sakit batuk, pilek, sariawan, demam, sakit perut atau karena kondisi hatinya. Seperti sedih atau sedang tidak bergairah.

Sebenarnya anak yang tidak ada gangguan pada pola makannya atau nafsu makannya turun hanya dalam waktu tidak lama, tidak membutuhkan vitamin, karena asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh sudah terpenuhi dalam kandungan makanan yang dia konsumsi.

Saat nafsu makan menurun anda bisa merayu anak anda untuk makan dengan iming-iming hadiah atau bisa juga dengan memberikan menu-menu yang menarik selera makannya, serta batasi pemberian camilan agar anak tidak merasa kenyang sebelum dia makan.

Namun, pemberian vitamin dinilai penting saat anak-anak mempunyai pola makan yang tidak teratur, susah dikasih sayuran atau buah-buahan, dan menderita suatu penyakit kronis seperti penyakit paru-paru. Pemberian vitamin penting diberikan untuk anak-anak yang mempunyai ciri demikian untuk mencukupi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Pemberian vitamin ini tidak bisa sembarangan. Sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu, apalagi buat anak-anak yang  sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Pertimbangan Pemberian Vitamin

  1. Pilihlah suplemen makanan vitamin yang sesuai dengan usia anak
  2. Pilihlah vitamin yang mengandung nutrisi yang di butuhkah oleh tubuh anak, namun dengan takaran atau dosis yang tidak tinggi. Karena pemberian vitamin pada anak-anak dengan dosis yang tinggi dapat membahayakan kesehatannya apalagi vitamin A.
  3. Berikan dalam takaran atau aturan pakai yang sesuai. Biasanya vitamin atau suplemen makanan yang bentuknya lucu atau rasanya yang manis seperti permen atau jeli membuat anak-anak tidak kontrol dalam mengonsumsinya. Bisa jadi mereka ketagihan terus menerus, sehingga vitamin yang diberikan melebihi dosis yang dianjurkan. Walaupun itu hanya sebuah vitamin namun jangan disepelekan, karena kelebihan vitamin juga berakibat kurang baik. Jadi sebaiknya ibu berikan pengertian dari awal yang diberikan itu vitamin bukanlah permen atau jeli dan ada aturan minumnya tidak bisa berlebihan.
  4. Pilih suplemen dan vitamin yang sudah lolos Badan Pengawasan Obat dan Minuman atau BPOM dan juga untuk muslim pastikan vitamin yang diberikan sudah lulus uji halal dari MUI.

Untuk menambah nafsu makan anak usahakan sebelum memberikan obat, vitamin, atau suplemen makanan ke anak-anak, untuk mencoba dengan cara lain. Misalnya membentuk menu makanan yang kucu-lucu atau dengan variasi-variasi baru sehingga anak mau makan. Karena dengan asupan makanan nutrisi yang dibutuhkan tubuh dapat diserap langsung tanpa menimbulkan efek samping.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Madu Lebah & Anak © 2017
%d bloggers like this: