Madu Lebah & Anak

Mengenal manfaat dan khasiat madu yang dihasilkan lebah untuk kesehatan anak

Cara Mengetahui Perbedaan Batuk Pada Anak Yang Biasa & Berbahaya

Saat anak mengalami batuk biasa para orang tua biasanya akan menganggapnya hal sepele dan hanya memberikan obat saja. Sedangkan batuk anak sendiri cukup banyak macamnya, ada yang batuk biasa dan ada batuk yang berbahaya jika sampai dibiarkan begitu saja.
Ciri atau gejala yang terjadi juga biasanya akan berbeda, oleh karena itu para ibu harus mengetahui perbedaan mana batuk biasa dan mana batuk yang berbahaya. Karena batuk yang disertai pilek dan batuk flek akan membahayakan sampai menyebabkan kematian pada anak.

Cara Mengetahui Perbedaan Batuk Pada Anak Yang Biasa & Berbahaya

Cara Mengetahui Perbedaan Batuk Pada Anak Yang Biasa & Berbahaya

Cara Mengetahui Perbedaan Batuk Biasa & Berbahaya
Sebagai orang tua yang memiliki anak, tentunya kita harus menilai penyakit atau batuk seperti apa yang akan membuatnya menjadi fatal. Karena tidak semua penyakit juga dapat menyebabkan kematian.
Batuk yang berbahaya biasanya berupa batuk flek atau batuk yang disertai dengan flu. Cara mengetahui ini dapat membantu kita mencegah atau melakukan pencegahan sebelum berakibat fatal pada anak tersebut. Mulai dari mengetahui:
• Penyebab batuk anak
• Gejala atau ciri yang ditimbulkan
• Dll
Salah satu batuk yang berbahaya atau berisik sendiri merupakan batuk flek yang dapat menular atau TBS. Karena TBC cukup sulit dideteksi dengan perkembangan bakteri dan gejalanya yang tidak jelas.

Gejala Batuk Flek Anak
Untuk batuk flek sendiri gejalanya cukup banyak, mulai dari sakit dan demam yang lama berulang. Anak mengalami keringat malam, sering batuk tanpa alasan atau sebab, terjadi pembesaran kelenjar pada bagan leher, anak menjadi kurus dan sulit untuk makan.
Batuk yang cukup sering terjadi pada anak, terutama dalam waktu yang lama maka harus kita pertimbangkan. Salah satunya karena ini termasuk dari gejala pada batuk flek. Batuk sendiri juga bisa disebabkan oleh alergi, seperti alergi protein udang, telur dan yang lainnya.
Sedangkan ciri khasnya terlihat pada pembengkakan kelenjar yang mencapai 1cm. Anak yang menjadi kurus dan sulit untuk makan juga sering dikeluhkan oleh para orang tua. Gejala tersebut sering dikaitkan dengan batuk flek yang tidak salah tapi belum tentu benar.
Karena anak yang kurus biasanya kekurangan nutrisi, anak yang bergantung pada minuman susu formula juga akan sulit untuk makan. Dengan banyaknya gejala yang ditimbulkan, pastikan kita sebagai rang tua harus memastikan kembali batuk pada anak tersebut.

Cara Mencegah Batuk Flek
Sebagai orang tua, setelah kita mengetahui perbedaan batuk yang terjadi pada anak dan penyebabnya. Kita juga harus mengetahui cara untuk mencegah batuk flek yang berbahaya untuk anak.
Mulai dari memberikan ASI secara eksklusif, menjauhkan anak dari asap rokok, melakukan imunisasi, memenuhi asupan gizi pada anak, sering mencuci tangan, memotong kuku jari secara teratur dna melakukan vaksinasi pneumococcus.
Menjauhkan anak dari asap rokok sangat penting, karena anak memiliki kondisi tubuh yang masih harus berkembang. Dengan adanya asap rokok dapat membuat anak kita mengalami gangguan pernafasan, asma dan penurunan fungsi paru-paru.
Seiring dengan pertumbuhan anak, maka anak tersebut juga membutuhkan makanan dan minuman pendamping yang bervariasi dan dapat diberikan secara teratur. Orang tua atau bunda juga dapat membuatnya sendiri di rumah tanpa harus membeli makanan siap saji.
Perhatikan juga kualitas makanan yang akan diberikan, harus dapat mencukupi kebutuhan gizi anak, seimbang dan memiliki kualitas zat yang baik. Selain itu, kebiasaan mencuci tangan juga dapat dilakukan untuk mencegah kuman yang ada pada tangan dan tidak dapat dilihat dari kasat mata.

Updated: April 2, 2018 — 6:13 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Madu Lebah & Anak © 2017
%d bloggers like this: