Madu Lebah & Anak

Mengenal manfaat dan khasiat madu yang dihasilkan lebah untuk kesehatan anak

Penyebab Batuk Pada Anak Saat Malam Hari

Penyakit batuk atau flu memang sering datang kapan saja, tapi biasanya penyakit batuk dapat datang lebih mengganggu saat malam hari atau cukup memberatkan. Karena saat malam hari, udara menjadi lebih dingin dan lebih kering dibandingkan saat siang atau sore hari.
Oleh karena itu, hal tersebut dapat membuat iritasi pada tenggorokan dan hidung yang akan membuatnya lebih parah. Batuk saat malam hari juga dapat mengganggu dan datang pada siapa saja, terutama anak-anak.

Penyebab Batuk Pada Anak Saat Malam Hari

Penyebab Batuk Pada Anak Saat Malam Hari

Penyebab Batuk Anak Saat Malam Hari
Para bunda atau orang tua yang mendengar anak batuk, terutama saat malam hari tentunya akan merasa khawatir jika sampai anak mengalami sakit berat. Meskipun batuk sesekali tidak selalu menunjukkan penyakit, tapi sebagai orang tua harus tetap waspada.
Anak-anak yang mengalami batuk biasanya memiliki periode batuk yang tidak pasti dan berlangsung singkat. Periode tersebut biasanya juga akan terjadi saat malam hari, sedangkan batuk malam hari diidentikan sebagai gejala penyakit serius seperti asma atau yang lainnya. Oleh karena itu para orang tua harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Seperti:
• Penyakit kambuh
• Rhinitis alergi
• GERD
• Cairan hidung menetes pada tenggorokan
• Paparan debu
• Paparan asap atau senyawa kimia

Meskipun tidak sering terjadi, penyebab awal ini juga berakibat pada batuk dengan jangka panjang. Karena batuk merupakan respon alami yang berasal dari tubuh, sebagai sistem pertahanan. Sistem pertahanan tersebut terjadi saat saluran pernafasan mengalami gangguan dari luar.
Batuk juga sering mengindikasikan penyakit serius yang umumnya akan sembuh dalam 3 minggu dan membutuhkan pengobatan. Sedangkan untuk pengobatan batuk kita dapat memilih menggunakan obat resep dokter atau ramuan alami buatan sendiri.

Jenis-jenis Batuk Pada Anak
Batuk dan gejalanya saat malam hari merupakan indikasi penyakit yang cukup berbahaya. Karena hal tersebut sebagai reaksi yang akan muncul karena adanya gangguan pada saluran pernafasan.
Gejala dan jenis batuk juga berbeda tingkat keparahannya, oleh karena itu kita harus waspada dengan gejala yang muncul supaya tidak berdampak buruk bagi kesehatan anak. Untuk jenis-

jenisnya sendiri mulai dari:
• Batuk kering
• Batuk berdahak
• Batuk berdarah
• Batuk seratus hari

Batuk kering biasanya sering muncul pada beberapa jenis penyakit lainnya. Seperti gejala asma dan muncul mengi atau bunyi yang keluar saat anak atau penderita asma bernafas.
Sedangkan gejala batuk berdahak termasuk indikasi penyakit berbahaya dan perlu diperhatikan secara serius. Kita dapat melihat atau mengetahuinya dengan adanya cairan lendir yang keluar dari saluran pernafasan dan dapat mengendap di tenggorokan.

Cara Mengurangi Batuk Malam Hari

Batuk malam hari memang sangat mengganggu, oleh karena itu kita harus tahu bagaimana cara mengatasinya. Mulai dari minum madu dengan teh hangat, minum obat batuk dan teh jahe.
Kita juga perlu memperbaiki posisi tidur, menghindari tidur di bawah kipas angin atau pemanas ruangan, mandi air panas, menggunakan humidifier, membersihkan tempat tidur secara teratur dan mengkonsumsi air putih.
Dengan mengkonsumsi madu dengan teh hangat, maka batuk saat malam hari dapat berkurang terutama pada anak-anak. Dari campuran bahan alami tersebut mampu mengurangi lendir dan membuat saluran pernafasan menjadi lembap kembali. Selain itu memperbaiki posisi tidur juga cukup mempengaruhi batuk yang diderita anak pada malam hari. Karena saat anak tidur telentang, lendir batuk yang ada pada siang hari akan naik kembali ke tenggorokan.

Updated: April 17, 2018 — 9:11 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Madu Lebah & Anak © 2017
%d bloggers like this: