Madu Lebah & Anak

Mengenal manfaat dan khasiat madu yang dihasilkan lebah untuk kesehatan anak

Makanan Untuk Menggemukkan Badan Anak Usia 3 Tahun

Saat si kecil terlihat lebih kurus atau khawatir anak akan terlihat lebih kurus sangat dimaklumi, terutama para orang tua. Meskipun dokter mengatakan anak kita terlihat sehat, tapi masih tetap saja ada beberapa orang tua yang khawatir.
Tapi saat anak kita benar-benar memiliki berat badan di bawah rata-rata, maka sebagai orang tua kita harus segera melakukan penanganan supaya anak memiliki berat badan yang ideal, berisi dan sehat.
Salah satunya dengan memberikan makanan yang sehat dan makanan yang dapat membantu proses penggemukan anak tersebut dalam usianya.

Makanan Untuk Menggemukkan Badan Anak Usia 3 Tahun

Makanan Untuk Menggemukan Badan Anak Usia 3 Tahun

Makanan Kalori Tinggi
Anak dengan usia 2 atau 3 tahun biasanya akan membutuhkan kalori sebanyak 1.000 kkal setiap harinya. Sedangkan rata-rata manusia sendiri membutuhkan kalori tambahan sebanyak 3,500 kkal setiap ingin menaikkan berat badannya sampai 5 ons.
Oleh karena itu kita dapat menambahkan asupan berupa kalori pada makanan anak sebanyak 500 kkal dari semua kebutuhan anak setiap hari. Dengan hal ini maka anak akan mendapatkan tambahan berat badan 5 ons setiap minggunya.

Makanan Berkarbohidrat
Untuk makanan berkarbohidrat, sumber gizi dan kalori tetap kita harus berikan kepada anak sebanyak 4 kkal/gr. Meskipun tidak sebanyak kandungan atau asupan lemak, kita dapat memberikan camilan dengan karbohidrat sehat untuk anak kita.
Seperti buah-buahan, kismis dan granola yang salah satu makanan tersebut memiliki 250gr atau 240 kkal yang baik untuk tambahan. Cocok juga jika ditambahkan pada yogurt, sereal dan isian puding. Selain itu kita juga dapat memberikan madu yang memiliki karbohidrat cukup banyak atau sari dari buah-buahan segar.

Menambah Makanan Dengan Asupan Lemak
Saat kita menambahkan asupan lemak pada makanan anak dapat meningkatkan kalori. Pada 1 gr lemak ini terdapat kandungan yang kalori yang lebih banyak dibandingkan sumber gizi yang lain.
Kita dapat menambahkan kanola, minyak zaitun, mayonnaise trans-fat dan mentega sebagai bahan memasak makanan untuk menggemukan badan anak. Tambahkan bahan-bahan tersebut sebanyak 1 sendok makan yang akan meningkatkan kalori sampai 120 kkal. Atau dengan memberikan keju leleh pada nasi, saus krim, pasta dan sayuran sebagai alternatif lainnya.
Ganti juga bahan rendah lemak dengan bahan berkadar lemak tinggi seperti saat membuat sereal menggunakan susu segar.

Hidangkan Makanan Pendamping
Untuk makanan pendamping yang dapat menambah berat badan anak seperti kacang-kacangan, selai kacang, minyak zaitun dan alpukat. Dari makanan tersebut semua memiliki lemak sehat dan termasuk makanan dengan asupan baik untuk anak kita yang suka berolahraga.
Dengan nutrisi yang ada di dalamnya, maka makanan tersebut akan membantu pemulihan peradangan yang disebabkan cedera saat anak melakukan olahraga. Makanan-makanan tersebut jua mengandung kadar kalori yang tinggi, apalagi jika ditambah dengan irisan almond saat makan salad atau sereal.

Minuman Sumber Kalori
Untuk minuman sumber kalori kita dapat memberikan anak beberapa jenis minuman yang memiliki kandungan kalori tinggi. Minuman tersebut akan membantu anak menambah berat badan, mulai dari yogurt, susu segar, jus buah segar dan smoothies.
Semua minuman tersebut memiliki kandungan mineral dan vitamin yang dapat mencukupi asupan kalori selain dari makanan. Minuman ini juga memiliki kandungan protein sampai 8 gr setiap porsi yang mereka minum. Oleh karena itu minuman dan makanan yang baik dapat meningkatkan berat badan anak.

Berikan makanan dan minuman tersebut secara teratur dengan porsi makan yang besar atau kecil dalam jumlah yang sedikit lebih banyak.

Updated: April 17, 2018 — 1:51 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Madu Lebah & Anak © 2017
%d bloggers like this: