Madu Lebah & Anak

Mengenal manfaat dan khasiat madu yang dihasilkan lebah untuk kesehatan anak

Cara Menambah Nafsu Makan Anak Setelah Sakit

Kekhawatiran orang tua saat melihat anaknya sakit memang sudah tidak dapat dikendalikan lagi. Selain rasa panik, orang tua juga akan merasakan sedih yang mendalam. Terlebih lagi, jika semasa sakit anak tidak mau makan maka otomatis rasa kekhawatirannya kian bertambah. Meskipun semasa sakit nafsu makan anak memang akan berkurang tapi tetap saja rasa ini akan menumbuhkan kekhawatiran yang mendalam.
Bagi anak yang semasa sakit kurang memiliki nafsu makan memang suatu hal yang wajar hal ini dikarenakan rasa mual, pahit ditenggorokan kerap melanda mereka. Namun, apa jadinya jika sudah dalam kondisi sembuh sang anak tetap tidak mau makan? Tentu, rasa cemas orangtua kembali melanda seketika takut jika hal buruk bisa menimpa dirinya lagi.
Untuk itu, kami berikan beberapa cara terbaik dalam menambah nafsu makan sang buah hati paska sakit. Informasi lengkapnya akan kami ulas dibawah ini.

Cara Menambah Nafsu Makan Anak Setelah Sakit

Berikan Anak Madu Murni

Madu menambah nafsu makan anak setelah sakit

Apabila anak sudah sembuh dari sakit akan tetapi nafsu makannya tetap berkurang maka Anda dapat memberikan madu murni pada anak. Madu selama ini memang sudah sangat terkenal untuk dijadikan sebagai obat herbal dalam meningkatkan nafsu makan.
Hal ini dikarenakan madu murni memiliki nutrisi yang sangat baik seperti vitamin B6, vitamin C, protein, asampantotenat, fosfor, kalium, seng, energi, folat, kalsium, zat besi, karbohidrat, serat, vitamin B2, vitamin B3 dan magnesium.

Mengkonsumsi Ikan Gabus
Ikan gabus merupakan salah satu jenis ikan yang kaya akan protein albumin sehingga terbukti ampuh dalam meningatkan nafsu makan pada anak. Terlebih lagi, jika ikan gabus tersebut didapatkan dari air tawar yang bersih tanpa sampah otomatis kualitas ikannya jauh lebih berkuaitas.
Selain dapat meningkatkan nafsu makan, faktanya ikan gabus juga sagnat baik untuk meningkatkan tumbuh kembang anak dan meningkatkan kecerdasan otak pada anak. Kandungan protein albumin inilah yang menjadikan nutrisi dan gizi pada anak bisa terpenuhi.

Temulawak
Temulawak memang sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai obat herbal alami yang mampu meningkatkan nafsu makan pada anak. Hanya saja, ketika merasakan pahit dari temulawak inilah sang anak enggan untuk mengkonsumsinya.
Oleh karena itu, alternatifnya adalah Anda bisa mencampurkan temulawak dengan madu murni sehingga tidak terasa begitu pahit. Selain dapat menambah nafsu makan, temulawak juga bisa meningkatkan perkembangan otak, mencegah kanker dan menjaga kesehatan jantung.

Yogurt
Yogurt merupakan salah satu jenis makanan yang sangat digemari oleh anak-anak, yogurt ini memang sangat baik untuk dikonsumsi anak pasca sakit. Mengingat, anak kehilangan cairan cukup banyak saat kondisinya drop, dengan adanya yogurt maka bisa memenuhi kebutuhan nutrisi yang sudah hilang saat sakit.
Rasa manis dengan tekstur yang kental inilah membuat anak kerap menjadikannya sebagai mainan dan sedikit demi sedikit akan dimakan. Selain dapat meningkatkan nafsu makan pada anak, yogurt juga bisa membantu meredakan tenggorakn yang meradang atau sakit.

Cemilan Sehat
Saat seorang anak habis mengalami sakit maka rasanya masih tidak dapat dikontrol, tak heran jika nafsu makan mereka menjadi berkurang. Oleh karena itu, cara mengantisipasinya adalah dengan memberikan umpan terlebih dahulu jangan langsung diberikan makanan berat misalnya cemilan sehat.
Meskipun anak cenderung enggan untuk makan, tapi jika diberi cemilan maka jauh lebih lebih suka. Anda bisa memberikan cemilan sehat yang bisa dibuat sendiri atau dibeli secara instans.

Updated: April 17, 2018 — 7:54 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Madu Lebah & Anak © 2017
%d bloggers like this: