Madu Lebah & Anak

Mengenal manfaat dan khasiat madu yang dihasilkan lebah untuk kesehatan anak

Cara Menambah Nafsu Makan Anak yang Sangat Menyukai Makanan Ringan

Orangtua yang melihat anaknya selalu menutup mulut atau berpaling saat disuruh makan, tentu akan membuat dirinya bingung dan khawatir. Bagaimana tidak, makanan memang sangat penting bagi proses tumbuh kembang anak. Selain itu, anak yang memiliki pola makan buruk juga bisa berdampak bagi kesehatannya. Anehnya, sang anak justru sangat menyukai jenis makanan ringan dan sangat lahap saat memakan jajanan tersebut.
Apakah hal ini disebabkan oleh jenis makanan tersebut? pada dasarnya, ketika anak sudah merasakan jenis makanan ringan yang terasa jauh lebih gurih dan lezat maka ia cenderung ketagihan. Sehingga, jenis makanan seperti nasi dan lauk pauk sudah tidak cukup menarik lagi bagi dirinya karena dianggap rasanya sama.
Lain halnya, dengan berbagai makanan ringan yang tersedia dalam berbagai variasi dan rasa yang berbeda. Untuk menghindari hal semacam ini, sebaiknya orang tua harus melakukan cara berikut agar anak mau kembali makan.

Cara Menambah Nafsu Makan Anak yang Sangat Menyukai Makanan Ringan

Cara Menambah Nafsu Makan Anak yang Sangat Menyukai Makanan Ringan

Jangan Terus Dipaksa
Anak yang setiap waktu terus diajak makan dan dipaksa tentu ia akan merasa malas karena seolah-olah dirinya terus diperintah. Oleh karena itu, sebagai orang tua Anda cukup menyuruhnya dengan cara membujuk secara perlahan jangan terus menerus. Ketika, cara ini tetap ditolak sang anak sebaiknya beri umpan menarik misalnya sengaja dibuatkan makanan favorite, terdapat menu baru yang enak dan sebagainya.

Bikin Menu Makanan Bervariasi
Alasan kenapa anak enggan untuk makan adalah karena mereka merasa masakan yang ada di rumah itu-itu aja sehingga anak bosan. Untuk itu, jadilah orang tua yang bisa memahami anaknya ketika rasa bosan terhadap makanan sudah melanda. Alternatifnya adalah buat menu makanan yang beda dari biasanya, sehingga anak akan merasa penasaran dan mau mencobanya.

Buat Tampilan Makanan dengan Variasi Menarik
Selain bosan terhadap menu makanan, biasanya nafsu makan anak berkurang karena tampilan makanannya cenderung monoton. Oleh karena itu, ada baiknya orang tua mencoba berkreasi dengan tampilan makanan yang ada. Anak-anak sangat menyukai hal-hal yang unik dan menarik seperti bentuk tampilan makanan penguin, bear, hellokitty, mobil-mobilan dan sebagainya.
Tidak perlu khawatir, untuk menghasilkan bentuk tersebut Anda bisa membeli cetakan khusus yang saat ini telah dijual secara bebas. Sehingga, Anda tinggal buat kreasinya dengan berbagai sayuran, rumput laut kering, nugget, daging, telur gulung dan sebagainya. Poin pentingnya adalah pastikan semua makanan yang disajikan tersebut memiliki gizi dan nutrisi yang tinggi.

Buat Jadwal Makan secara Rutin
Menerapkan jadwal makan setiap harinya merupakan solusi terbaik bagi Anda yang enggan untuk memanggilnya setiap saat dan tidak membuahkan hasil karena sang buah hati justru tidak mau makan. Oleh kerena itu, libatkan anak Anda untuk membuat jadwal makan secara rutin. Tambahkan catatan khusus, bagi yang melanggar untuk makan di jam yang disepakati maka akan diberi hukuman tapi bagi yang tepat waktu mengikuti jadwal akan diberikan hadiah.
Punistment dan reward ini sangat baik diterapkan kepada anak, hal ini dikarenakan mereka akan memilih kedua hal apakah akan terus mendapat hukuman atau ingin mendapatkan hadiah. Catatan penting adalah pastikan punistment atau reward yang diberikan masih mengarah pada proses belajar anak agar mandiri dan bertanggung jawab.

Itulah beberapa cara yang dapat orang tua lakukan saat anak Anda sangat menyukai makanan ringan sementara untuk makan berbagai masakan rumah sangatlah enggan.

Updated: April 17, 2018 — 9:24 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Madu Lebah & Anak © 2017
%d bloggers like this: