Madu Lebah & Anak

Mengenal manfaat dan khasiat madu yang dihasilkan lebah untuk kesehatan anak

Asupan Vitamin Anak yang Harus Tercukupi Setiap Hari

Setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk buah hatinya. Tidak ingin melihat anak-anaknya bermasalah dalam tumbuh kembangnya, baik untuk berat badan, tinggi maupun pertumbuhan otaknya. Begitu pula tidak akan mau melihat anaknya jatuh sakit.
Untuk itu mereka selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk anaknya, dari makanan yang bergizi, pengobatan yang terbaik dan juga pemberian vitamin anak . Semua dilakukan orang tua untuk menjaga kesehatan anaknya, memberikan daya tahan tubuh yang maksimal agar anak-anak dapat tumbuh dengan baik.

Vitamin Yang Penting buat Tumbuh Kembang Anak

vitamin anak yang perlu

Vitamin A
Vitamin A yang mendukung pertumbuhan anak, memperbaiki jaringan tulang dan juga untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A ini dapat bunda temukan di daging sapi, hati ayam, ikan salmon, keju, yoghurt, wortel, ubi jalar, bayam, labu, oatmeal, melon, mangga, markisa dan banyak lagi sayur-sayuran dan buah-buahan lain yang mengandung vitamin A. Jadi bunda bisa memberikan makanan dari bahan baku tersebut.
Anak-anak yang tumbuh dengan baik biasanya terpenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Seperti misal mineral, vitamin, gula, karbohidrat dan juga protein serta nutrisi yang lain. Saat anak sudah terpenuhi nutrisinya selain dia berkembang dengan baik, anak-anak juga memiliki daya tahan tubuh yang baik juga itu lah sebabnya anak-anak jauh dari gangguan penyakit.
Namun, pemberian vitamin setiap hari itu sepertinya perlu dikaji ulang, apabila bunda memberikan asupan makanan sudah sesuai dengan standar gizi, pemberian suplemen atau pun vitamin anak sebenarnya tidak perlu lagi. Karena vitamin, mineral dan gizi-gizi lain sudah terpenuhi dari kandungan makanan yang dikonsumsi.
Perlu bunda ketahui suplemen atau nilai gizi yang biasanya terdapat pada vitamin, sehingga bunda bisa mengganti vitamin tersebut dengan makanan lain :

Vitamin B
Vitamin B, dan B kompleks yang berfungsi untuk menjaga metabolisme tubuh, sumber produk energi dan juga peredaran darah. Vitamin B ini dapat didapatkan dari sayuran dan buah-buahan. Sayuran seperti sawi, lobak hijau, daun bawang, mentimun, jamur, kembang kol, asparagus, dan masih banyak lagi. Di buah-buahan vitamin B banyak terdapat di alpukat, apel, pisang, blueberry dan melon.

Vitamin C
Vitamin C yang membantu dalam jaringan ikat, menguatkan otot dan juga kesehatan kulit. Saat anak-anak gemar mengonsumsi buah-buahan bunda tidak usah khawatir untuk asupan vitamin C nya pasti terpenuhi.

Vitamin Lain
Vitamin-vitamin lain yang dibutuhkan oleh tubuh misalkan vitamin D, protein, zat besi, kalsium sebenarnya bisa diperoleh dari makanan. Jadi bunda untuk mengganti suplemen dan vitamin-vitamin untuk anak lebih baik bunda memberikannya makanan yang sesuai dengan kadar gizi.

Kombinasikan antara daging, sayuran, dan juga buah-buahan.
Walaupun anak bunda hanya menggemari satu jenis makanan, misalkan susah makan sayuran, bukan berarti anak bunda kekurangan gizi. Karena vitamin ataupun nutrisi lain yang tidak didapatkan dalam sayuran bisa diganti dengan makanan lainnya misalkan dari buah-buahan dan daging.

Oleh karena itu, sebaiknya pemberian vitamin untuk anak-anak tidak diberikan setiap hari. Karena ini akan menimbulkan efek samping tertentu. Lebih baik bunda lebih kreatif dengan memberikan makanan-makanan yang kaya dengan nutrisi alami.
Pemberian vitamin anak harus memperhatikan dosis yang benar. Karena penggunaan obat walaupun hanya vitamin bisa menyebabkan kontra diksi. Sebelum memberikan vitamin untuk anak, sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu. Perlu atau tidaknya pemberian vitamin untuk anak.

Updated: April 17, 2018 — 1:42 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Madu Lebah & Anak © 2017
%d bloggers like this: