Madu Lebah & Anak

Mengenal manfaat dan khasiat madu yang dihasilkan lebah untuk kesehatan anak

Vitamin Anak yang Penting Dalam Tumbuh Kembang Anak

Biasanya saat kita memberikan makanan yang terbaik untuk anak-anak kita, maka tumbuh kembang anak akan maksimal. Anak kita tumbuh dengan baik, menjadi anak yang lincah dan mempunyai badan yang subur dan gemuk. Namun, kadang-kadang anak kita tumbuh tidak sesuai dengan harapan, anak kita tumbuh tidak sesuai dengan anak-anak sebayanya.
Saat kita memiliki anak yang tidak tumbuh seperti teman sebayanya, mungkin anak kira terlalu kurus, bisa jadi anak kita kurang terpenuhi kebutuhan nutrisinya. Untuk itu, bunda perlu berkonsultasi ke dokter, anak kita kurus karena faktor bawaan, misal karena gen apa karena anak kita membutuhkan asupan vitamin dari luar makanan yang dia konsumsi.

Vitamin Anak yang Penting untuk Tumbuh Kembang Anak

Kasus Khusus Yang Membutuhkan Vitamin
• Pola makan anak yang tidak teratur, biasanya anak yang susah makan tidak tercukupi nutrisi yang dibutuhkan
• Anak yang mengonsumsi obat karena sakit tertentu, misalkan asma atau gangguan pencernaan sehingga anak akan susah diberikan makan.
• Anak yang terlalu sering memakan makan cepat saji, seperti mi instan, walaupun di kemasan mengandung beberapa vitamin namun sebaiknya tidak memberikan makanan ini untuk anak-anak karena kemampuan pencernaannya belum mampu untuk mencerna.

Apabila anak bunda memiliki kasus yang sama seperti di atas, sebaiknya bunda memberikan vitamin-vitamin tambahan yang bisa dibeli di apotek. Apabila bunda merasa kurang yakin dengan memberinya vitamin yang sudah dalam bentuk instan, bunda bisa memberikannya melalui makanan yang diberikan ke anak.

vitamin anak pada sayuran

Vitamin Untuk Pertumbuhan
Salah satu vitamin yang dibutuhkan untuk pertumbuhan adalah Vitamin A. Vitamin ini diperlukan oleh tubuh anak-anak untuk merangsang sistem imun. Selain itu untuk memaksimalkan tumbuh kembang anak dan menjaga kesehatan kulit. Makanan yang kaya vitamin A antara lain, telur , keju dan sayuran-sayuran lain yang berwarna oranye seperti wortel.

Selain itu, tubuh yang sedang dalam masa pertumbuhan juga membutuhkan Vitamin B kompleks. Vitamin ini terdiri dari vitamin B, B2, B3 dan B12. Vitamin ini berguna untuk memproduksi sumber energi anak, memperbaiki sistem sirkulasi saraf, dan juga untuk membantu proses metabolisme. Vitamin ini terdapat di makanan seperti daging, kacang-kacangan, kedelai, keju dan susu.
Vitamin C juga dibutuhkan untuk tubuh. Vitamin ini tidak hanya bisa didapatkan dari buah-buahan saja, tetapi juga dari sayuran. Mitos bahwa buah yang memiliki citarasa asam lebih banyak mengandung vitamin C tidak selamanya benar. Buah yang manis seperti kiwi juga memiliki vitamin C yang tinggi. Vitamin ini berfungsi untuk kesehatan otot dan kulit.

Vitamin D berguna untuk membantu menyerap kalsium. Selain itu untuk memperkuat gigi dan tulang. Vitamin D dapat diperoleh dari susu, dan juga dari bantuan sinar matahari.
Selain vitamin di atas, anak-anak dalam masa pertumbuhan memerlukan kalsium untuk memperkuat tulangnya. Makanan yang banyak mengandung kalsium antara lain, susu, keju, tofu dan yoghurt.

Ada nutrisi lain yang juga penting dalam masa pertumbuhan anak, yaitu zat besi yang berfungsi membangun otot dan membentuk sel darah merah.
Bunda, walaupun anak-anak membutuhkan nutrisi dan vitamin untuk tumbuh kembangnya, namun harus diberikan dalam porsi dan takaran yang pas. Apabila berlebihan justru menjadi kurang baik diterima oleh anak.

Apabila dari makanan yang diberikan dirasa tidak memenuhi kebutuhan nutrisinya, bunda bisa memberikan suplemen tambahan. Namun lebih baik dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.
Karena vitamin anak berupa suplemen tambahan dapat menyebabkan efek samping misalkan alergi. Karena vitamin yang instan ada kontra indikasi yang harus diperhatikan benar-benar oleh bunda.

Updated: April 17, 2018 — 8:06 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Madu Lebah & Anak © 2017
%d bloggers like this: